Kirim Paket ke Luar Negeri, Apa Bedanya Logistik dan Freight Forwarding?

Bagi para pelaku bisnis, jasa pengiriman merupakan partner bisnis yang sangat mereka butuhkan. Layanan ekspedisi antar kota atau kirim paket ke luar negeri menjadi bagian penting dalam membantu pemilik udaha mengirimkan produk yang dipesan ke konsumen.

Namun, dalam dunia pengiriman terdapat dua istilaha yang terkadang membingungkan pemilik bisnis saat memahami perbedaan antara layanan logistik dan freight forwarding. Keduanya bertanggung jawab atas pengiriman barang. Apa bedanya? Bagi orang yang tidak terlalu paham, kedua jenis pengiriman tersebut adalah hal yang sama. Tapi sebenarnya sangat berbeda.

Kirim Paket ke Luar Negeri, Apa Bedanya Logistik dan Freight Forwarding


Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

  1. Jasa Logistik

Jasa ekspedisi atau jasa logistik adalah perusahaan yang mengirimkan barang dalam jumlah kecil, mengenakan biaya berdasarkan berat dan volume barang yang dikirim, jarak yang ditempuh dan jenis jasa pengiriman yang digunakan. Secara umum, biaya untuk mengangkut beban berat ke tujuan yang jauh lebih mahal.

Pengguna jasa logistik tidak perlu takut dengan berat barang yang dikirim. Paket biasanya sampai di jasa pengiriman tanpa minimal berat (bahkan surat). Berbeda dengan jasa pengiriman yang biasanya harus diproses secara massal dengan berat paket minimal.

Pengiriman barang dari jasa logistik dapat dilakukan melalui jalur darat, laut maupun udara tergantung daerah tujuan barang yang dikirim. Cakupannya bisa antar kota, antar wilayah atau antar pulau, bahkan antar negara.

Untuk produk yang dikirim melalui jasa logistik, paket akan dikirimkan ke alamat tujuan penerima. Layanan logistik biasanya memiliki cabang di setiap area layanan. Hal ini untuk memudahkan pendistribusian barang dan penerimaan barang ke konsumen.


  1. Jasa Freight Forwarding

Jika Anda menggunakan jasa freight forwarding untuk pengiriman barang, Anda mungkin mengira bahwa itu adalah jasa kirim paket ke luar negeri atau impor/ekspor. Di Indonesia, freight forwarding adalah layanan manajemen transportasi. Lebih luas lagi, freight forwarding adalah layanan pengangkutan barang dari satu tujuan ke tujuan lainnya.

Forwarding menangani seluruh proses pengiriman, mulai dari penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman produk. Freight forwarding sebenarnya merupakan perantara antara pemilik barang dengan jasa pengiriman yang digunakan. Freight forwarding biasanya mengidentifikasi layanan pengiriman termurah sebagai rute tercepat dan paling ekonomis.

Yang paling sering digunakan dan dikenal oleh masyarakat Indonesia yaitu adalah jasa ekspedisi atau jasa logistik yang sangat membantu masyarakat dalam pengiriman pribadi maupun pengiriman bisnis baik itu kebutuhan pribadi hingga dokumen penting. Di Indonesia sendiri ada banyak jasa kirim antar kota. 

Apabila Anda ingin mengirim paket ke luar negeri, Kilo.id akan siap membantu Anda dalam menyediakan berbagai jasa ekspedisi pengiriman yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan proses ekspor impor India dan negara lainnya dengan proses yang mudah karena Kilo.id juga telah berpengalaman dalam bidang ini.


Deskripsi : kirim paket ke luar negeri bisa menggunakan jasa logistik maupun freight forwarding sesuai kebutuhan atau permintaan konsumen. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan untuk Membeli Jersey Bali United

Resep Ramuan Alami Untuk Mengobati Flu Tulang

Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan