Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Pisang adalah salah satu buah yang popularitasnya cukup tinggi. Di Indonesia, pisang sering disajikan sebagai makanan penutup. Buah berwarna kuning ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur empuk yang legit. Tidak hanya enak, pisang juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dalam sebuah pisang terkandung serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang dibutuhkan tubuh. Untuk kamu yang gemar mengonsumsi pisang, yuk, ketahui kandungan pisang dan manfaatnya untuk kesehatan di bawah ini.

Kandungan pisang per 100 gr

  • Energi: 99 kkal

  • Protein: 1,2 gr

  • Lemak: 0,2 gr

  • Karbohidrat: 25,8 gr

  • Kalsium: 8 mg

  • Fosfor: 28 mg

  • Zat Besi: 1 mg

  • Vitamin A: 146 IU

  • Vitamin B1: 0,08 mg

  • Vitamin C: 3 mg

Ini manfaat kandungan pisang untuk kesehatan

Nutrisi alami untuk mengatur kadar gula darah

Pisang kaya akan nutrisi alami yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan serat pektin. Kandungan pisang yang satu ini diyakini sebagai nutrisi yang penting untuk mengatur kadar gula daran. Tidak hanya itu, serat pekti bahkan juga diyakini mampu melawan kanker usus.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, pisang tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes namun jumlahnya harus dibatasi. Dalam satu buah pisang setidaknya terdapat 27 gr karbohidrat, 14 gr gula, dan 105 kalori.

Kaya serat yang baik untuk tubuh

Kandungan pisang lainnya yang baik untuk tubuh yaitu serat. Pada sebuah pisang berukuran sedang setidaknya ada 3 gr serat. Kandungan tersebut menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat alami yang baik untuk kesehatan.

Manfaat serat sangat banyak untuk tubuh, salah satunya adalah melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, rutin mengonsumsi pisang juga diyakini berkhasiat untuk melawan kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitan lebih lanjut untuk memastikan kebenaran manfaat pisang untuk mengatasi kanker tersebut.

Rendah kalori, berguna untuk menurunkan berat badan

Meski banyak mengandung gula, tetapi kandungan yang ada di dalam pisang adalah gula alami, sehingga cenderung rendah kalori. Rata-rata satu buah pisang mengandung 100 kalori. Kandungan pisang pun didukung dengan nutrisi lain seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, dan antioksidan yang baik menurunkan berat badan.

Selain itu, pisang juga terdiri dari pati resisten. Kamu mungkin belum terlalu memahami istilah ini. Jadi pati resisten adalah istilah dalam ilmu gizi dan ilmu pangan dari jenis pati yang tidak tercerna dalam saluran atau sistem pencernaan manusia. Pati resisten dapat mengenyangkan dan membantu mengurangi nafsu makan.

Mengandung kalium yang penting untuk kesehatan jantung

Pisang juga merupakan buah yang mengandung kalium. Kandungan ini adalah mineral baik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam satu buah pisang terdapat kandungan kalium 9% dari RDI.

Rutin mengonsumsi pisang yang kaya akan kandungan kalium dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Tinggi antioksidan, mampu menangkal radikal bebas

Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Pisang adalah salah satu buah yang tinggi akan antioksidan. Dua jenis antioksidan yang terkandung dalam pisang yaitu dopamin dan katekin.

Kedua jenis antioksidan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa diantaranya yaitu mengurangi resiko penyakit jantung dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan untuk Membeli Jersey Bali United

Resep Ramuan Alami Untuk Mengobati Flu Tulang

Manfaat Salak Untuk Mengatasi Morning Sickness