Awas! Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Timbulkan Masalah Kulit Ini

Mencuci tangan adalah faktor yang penting diperbuat, khususnya saat bakal menyentuh makanan. Disarankan untuk mencuci tangan sampai bersih dengan memakai sabun dan air bersih untuk menghapus bakteri dan kuman yang menempel. Tetapi, bagaimana apabila kami sedang berada di luar dan tak terdapat air ? 

Awas! Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Timbulkan Masalah Kulit Ini

Maka dari itu, saat bepergian ke luar rumah, ketidak sedikitan orang yang rutin menyiapkan hand sanitizer untuk menolong membersihkan tangan. Hand sanitizer adalah produk pilihan untuk membersihkan tangan yang dikenal praktis sebab pemakaiannya tak memerlukan air alias sabun.

Sebab kepraktisannya ini, menjadikan hand sanitizer sebagai salah satu produk yang wajib rutin ada didalam tas sebagian orang. Sayangnya, belum tak sedikit orang yang tahu apabila sebetulnya produk ini tak lebih manjur untuk membersihkan tangan. Alih-alih tangan jadi bersih dan leluasa kuman, pemakaian hand sanitizer yang terlalu tak jarang justru dapat memicu timbulnya beberapa persoalan kesehatan. 

Berikut ini adalah persoalan kulit akibat tak jarang pakai hand sanitizer yang butuh diketahui dan diwaspadai, diantaranya yaitu :

Merusak skin barrier

Pemakaian hand sanitizer dengan cara berlebihan dapat mengakibatkan skin barrier mengalami kerusakan. Kandungan alkohol yang ada pada hand sanitizer dapat menghapus protein dan lipid di skin barrier, dan menyebabakn iritasi, dan kekeringan pada kulit. Untuk menanggulangi persoalan kulit ini, jangan lupa untuk rutin menyeimbangkan pemakaian hand sanitizer dengan pelembab alias hand cream.

Kulit kering

Apabila kandungan alkohol dalam produk skin care yang sedikit saja telah dapat membikin kulit wajah kering, lalu bagaimana dengan hand sanitizer yang mempunyai bahan mutlak alkohol ? 

Hand sanitizer terbuat dari beberapa tipe alkohol, yaitu isopropyl, ethanol, dan juga n-propanol. Ketiga tipe alkohol ini diketahui dapat memicu iritasi dan membawa minyak alamiah pada kulit jadi apabila dipakai dalam jangka panjang bakal menyebabkan kulit tangan terus kering.

Berpotensi merusak sistem hormon

Sebagai pengganti alkohol, tak sedikit produk hand sanitizer yang dibangun dengan memakai triclosan, yaitu kandungan yang bermanfaat sebagai obat antijamur dan antibakteri. Tetapi, sayangnya kandungan ini juga dapat membawa akibat kurang baik bagi kesehatan tubuh. 

Triclosan dapat terserap dengan mudah pada kulit dan masuk ke dalam ajaran darah. Faktor ini dapat menyebabkan beberapa penyakit semacam alergi, kelainan hormon, bahkan sampai kanker. 

Mengurangi performa sistem imun tubuh

Dengan menjaga kebersihan tangan, maka kami terbukti dapat lebih terbebas dari penyakit. Bakal tetapi, apakah Kamu tahu apabila lingkungan yang terlalu bersih justru dapat memperlemah sistem imun, khususnya pada anak kecil.

Hal ini dikarenakan sebab tak ada yang butuh dilawan, sistem imun menjadi tak terlatih dan terus lemah. Tidak hanya imun melemah, seseorang juga dapat menjadi sangat sensitif kepada inflamasi dan menjadi mudah terserang penyakit yang lumayan parah.

Tangan mengalami penuaan dini

Kulit tangan yang terkesan menua dapat jadi salah satu akibat dari pemakaian hand sanitizer yang terlalu tak jarang. Kandungan alkohol yang ada didalam hand sanitizer dapat membikin sel kulit menjadi kering dan dehidrasi. Akibatnya, desain garis halus dan keriput pada kulit pun bakal terus jelas. Bahkan, pada permasalahan-permasalahan yang lumayan parah, kulit dapat menjadi pecah-pecah dan terkelupas. 

Tidak ada larangan untuk memakai hand sanitizer, tetapi Kamu wajib memperhatikan frekuensinya. Jangan terlalu tak jarang, terlebih lagi ketagihan memakainya. Apabila ada pilihan lain yang lebih aman, maka pilihlah pilihan yang lebih akrab untuk kulit yang keren untuk kesehatan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan untuk Membeli Jersey Bali United

Resep Ramuan Alami Untuk Mengobati Flu Tulang

Manfaat Salak Untuk Mengatasi Morning Sickness